Senin, 27 Oktober 2008

Mengatasi Kecapekan

Mengandung merupakan amanah Tuhan yang harus dijalani dengan segala konsekuensinya adalah aktivitas terganggu karena harus menahan beban perut yang besar hingga menyebabkan kecapean. Perubahan hormon kehamilan menyebabkan tubuh anda merasa mudah lelah. Kehamilan membuat beberapa organ bekerja lebih keras, seoerti suplai darah meningkat karena adanya janin yang perlu tumbuh dan berkembang. Juga kebutuhan ektra oksigen, sementara paru-paru semakin hari semakin besar, membuat beban yang harus ditanggung ibu semakin besar pula.

Kecapekan ini akan semakin terasa jika ibu hamil menderita penyakit tertentu seperti anemia atau mual dan muntah yang berlebih. Ibu hamil seringkali merasa cepat lelah dikarenakan menanggung beban kehamilan yang berat. Belum lagi jika selama hamil ibu hamil tetap melakukan kegiatan seperti sebelumnya, bahkan mungkin meningkat.

Agar tubuh tidak cepat lelah, jaga tambahan makanan yang dapat menjadi cadangan energi dengan cukup mengkonsumsi sumber karbohidrat. Hal ini untuk menjaga kadar gula darah tubuh. Konsumsi bahan makanan karbohidrat kompleks yang mudah dicerna, bukan yang manis atau menimbulkan perut kembung. Istirahatlah jika tubuh sudah merasa lelah. Tidak perlu paksakan unutk terus melakukan kegiatan. Tidurlah yang cukup. Disamping itu, tingkatkan konsumsi gizi yang seimbang, khususnya yang mengandung protein dan zat besi.

Tidak ada komentar: