Senin, 27 Oktober 2008

Mengatasi Muntah dan Mual

Morning sickness atau rasa mual dan muntah biasa terjadi pada trimester pertama (0-12 minggu). Hubungi dokter Anda bila mual-muntah menjadi sangat hebat, sehingga anda tidak dapat makan atau minum apapun juga dan dapat mengalami dehidrasi.

Penyebab yang pasti masih belum diketahui. diduga disebabkan pengaruh perubahan psikologis dan adanya pengaruh hormonal selama kehamilan. Hasil laporan jurnalistik menunjukan bahw hampir 50-90% dari wanita hamil mengalami mual pada trimester pertama. Mual terhadap makanan tertentu, bahkan hanya karena mencium bau makanan tertentu saja. setiap wanita hamil akan mempunyai derajat mual yang berbeda-beda, ada yang tidak terlalu merasakan apa-apa, tetapi ada juga yang merasa mual dan ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan pengobatan. Setiap wanita ialah special dengan karakteristik tersendiri.

Kapankah mual dan muntah ini akan hilang? Jangan kuatir sebab lazimnya keluhan mual-muntah akan menghillang pada trimester pertama. anda akan mulai memasuki trimester berikutnya dengan perasaan yang lebih baik. Morning sickness merupakan salah satu bagian dari pengalaman selama kehamilan anda. Ingatlah diri anda bahwa semua ini akan segera berlalu dan anda akan memperoleh bayi yang anda dambakan.

Untuk mengatasinya, minumlah segelas teh manis hangat dan sedikit biskuit sebelum beranjak dari tempat tidur. Jika keluhan tak kunjung reda dan cukup berat, pemakaian obat maag jenis antasida dapat membantu secara efektif menetralkan asam lambung. Obat jenis antasida umumnya aman dikonsumsi ibu hamil karena bahan-bahannya hanya bersifat menetralkan asam dan tidak diserap ke dalam tubuh.

Rasa mual sering menggangu nafsu makan. Padahal, tubuh serta janin anda sangat memerlukan makanan kandungan gizi yang baik. cobalah untuk makan sedikit demi sedikit. lebih baik makan lebih sering dengan porsi kecil daripada memaksa makan langsung dengan porsi yang besar. Hindari makanan yang terlalu berlemak, banyak bumbu, apalagi terlalu asam dan terlalu pedas. makanlah makanan yang kaya protein dan karbohidrat, banyak minum, hindari aroma yang kurang menyenangkan atau merangsang lambung untuk mengeluarkan isinya. Jika mual dan muntah berat serta berkepanjangan hingga menurunkan berat badan secara draktis, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Mungkin dokter memberikan obat anti mual supaya ibu hamil dapat suplemen gizi yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil.

Tidak ada komentar: